Laman

Minggu, 22 Mei 2016

4 Cara menambah nafsu makan pada anak-anak

4 Cara menambah nafsu makan pada anak-anak – Petumbuhan Anak yang baik dapat dengan membandingkan berat atau tinggi badan terhadap umur, atau dengan membandingkan berat terhadap tinggi badan. Oleh sebab itu, sangat penting melakukan penimbangan berat dan pengukuran tinggi badan dan mencatatkannya pada grafik untuk memantau pertumbuhan. Nafsu makan anak dipengaruhi beberapa faktor diantaranya : kehilangan nafsu makan, sedang tumbuh gigi, dan lain – lain. Berikut Cara menambah nafsu makan pada anak-anak :
Cara menambah nafsu makan pada anak-anak
1. Jangan Minum Sebelum Makan
Cara menambah nafsu makan pada anak-anak yang pertama adalah dengan menghindari minum sebelum makan. Oleh karena itu sebelum si anak makan, lebih baik Anda himbau buah hati Anda supaya tidak minum terlebih dahulu. Entah itu minum air putih, susu, sirup, dan sebagainya. Alasannya adalah karena air yang dikonsumsi oleh si anak bisa memenuhi perut dan akhirnya perut terasa kenyang. Kalau sudah demikian, akibat selanjutnya tentu saja adalah nafsu makan si anak akan berkurang.

2. Mengonsumsi Jeruk
Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa buah jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C yang tinggi. Di dalam tubuh manusia vitamin C berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan ternyata juga berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan. Maka dari itu tak ada salahnya apabila Anda lebih rutin memberikan konsumsi vitamin C melalui buah jeruk kepada anak Anda. Selain itu asupan vitamin C yang cukup juga bisa membantu metabolisme di dalam tubuh semakin lancar.

3. Mengonsumsi Vitamin B dan Zinc
Selain mengonsumsi vitamin C yang bisa didapat dari buah jeruk, cara menambah nafsu makan pada anak juga bisa Anda lakukan dengan menambah asupan vitamin B dan zinc. Seseorang yang mengonsumsi vitamin B secara teratur ternyata bisa meningkatkan nafsu makan dan mengontrol suasana hati bagi seseorang yang sedang malas makan. Zinc juga dinilai memiliki fungsi yang sama dengan vitamin B. Oleh karena itu apabila ada seseorang yang kekurangan zinc, nafsu makannya biasanya akan berkurang.

4. Beri cemilan sehat dan Menarik
Setelah bisa berjalan, si kecil gemar bereksplorasi dengan lingkungannya. Apalagi ketika memasuki usia 2 tahun, aktivitasnya semakin banyak saja. Ini mungkin membuatnya sulit untuk duduk manis dan makan dengan tenang. Untuk menyiasatinya, berikan ia cemilan sehat dalam porsi kecil namun beragam. Misalnya saja bola-bola kentang isi wortel dan daging cincang, sus mini isi fla coklat, donat tabor keju, dan sebagainya.

Nah itulah beberapa Cara menambah nafsu makan pada anak-anak, terimakasih semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar